Jumat, 20 September 2013

Hasil Semi Final Piala AFF U-19, 20 September 2013

Pertandingan Semi Final Piala AFF U-19 2013, Indonesia berhasil menang 2-0 dari Timor Leste, sedangkan Vietnam berhasil mengalahkan Laos dengan skor 1-0.

Pertandingan Partai Final Piala AFF U-19 2013, akan kembali saling berhadapan antara Indonesia vs Vietnam, setelah sebelumnya bertemu di Babak Grup. Demikian pula pada Pertandingan Perebutan Tempat Ketiga, akan kembali bertemu antara Timor Leste vs Laos.

Berikut ini Hasil Pertandingan Semi Final Piala AFF U-19 2013, yang sudah dimainkan pada 20 September 2013.

Semi Final 1:
20 September 2013, 20:00 (UTC+7).
Timor Leste 0-2 Indonesia.
Pencetak gol Indonesia: Ilham Udin 9', Hargianto 60'.
Stadion: Petrokimia Stadium, Gresik.

Semi Final 2:
20 September 2013, 16:00 (UTC+7).
Vietnam 1-0 Laos.
Pencetak gol Vietnam: Nguyễn Công Phượng 75'.
Stadion: Delta Stadium, Sidoarjo.

Jadwal Pertandingan selanjutnya:

Perebutan Tempat Ketiga:
22 September 2013, 15:30 (UTC+7).
Timor Leste vs Laos.
Stadion: Delta Stadium, Sidoarjo.

Partai Final:
22 September 2013, 19:30 (UTC+7).
Indonesia vs Vietnam.
Stadion: Delta Stadium, Sidoarjo.

TIMOR LESTE vs INDONESIA

Indonesia berhasil melangkahkan kakinya ke Final Piala AFF U-19 (AFF Cup U-19), setelah menang 2-0 atas Timor Leste pada Pertandingan Semi Final. Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ilham Udin pada menit 10 dan Hargianto pada menit 60.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Indonesia benar-benar tampil dominan dan mampu menciptakan banyak peluang berbahaya, walaupun akhirnya hanya meraih dua gol. Sementara Timor Leste pun memiliki peluang-peluang, namun tak ada yang mampu dikonversi menjadi gol.

BABAK PERTAMA

Indonesia memulai laga dengan tempo sedang dan memainkan umpan pendek dari ke kaki. Sementara Timor Leste mencoba melakukan pressing dan mengandalkan umpan-umpan jauh.

Peluang pertama untuk Indonesia tercipta pada menit ketujuh, dimana sebuah umpan pojok berhasil ditanduk Ilham Udin Armaiyn yang tak terkawal di tiang jauh. Sayang, tandukan Ilham Udin masih menyamping.

Gagal di peluang pertama, Indonesia membuka keunggulan pada peluang keduanya di menit ke-10. Mukhlis Hadi Ning mendapatkan bola di tepi kotak penalti dan kemudian memberikan umpan matang ke Ilham Udin di sisi kanan gawang Timor Leste. Dengan sedikit aksi gocekan, Ilham Udin melepaskan tembakan dibawah tekanan dua pemain Timor Leste. Tendangannya meluncur deras ke pojok kiri gawang tanpa mampu dijangkau kiper Timor Leste, dan Indonesia memimpin 1-0.

Unggul sementara, Indonesia kian percaya diri mendominasi jalannya pertandingan. Permainan dari kaki ke kaki diperagakan, Indonesia pun unggul 65 persen penguasaan bola. Menit ke-18, Indonesia punya peluang lewat tendangan jarak jauh Muhammad Hargianto. Sayang, tendangannya masih menyamping. Dua menit berselang, giliran kapten tim Evan Dimas yang punya peluang dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya hanya tipis di sisi gawang.

Di bawah tekanan Indonesia, Timor Leste mendapat peluang emas pada menit ke-33, ketika pemain nomor punggung 15 melepaskan umpan silang ke muka gawang. Namun, Ravi Murdianto tampil gemilang dengan meninju bola untuk mengamankan gawangnya.

Menit ke-37, terjadi insiden benturan antara bek Hansamu Yama Pranata dengan kiper Ravi Murdianto. Kiper andalan Indonesia itu pun harus mendapat perawatan, dan digantikan Rully Desrian. Indonesia masih terus dominan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun, percobaan dari Hargianto, Ilham Udin dan Mukhlis Hadi Ning belum mampu menambah gol. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

BABAK KEDUA

Memasuki paruh kedua, Indonesia masih mendominasi jalannya pertandingan dengan memainkan passing-passing pendek yang terarah. Namun, gol penambah keunggulan tak kunjung datang, lantaran serangan-serangan tersebut masih terbentur rapatnya lini pertahanan Timor Leste.

Pada menit 60, Indonesia akhirnya mampu menambah keunggulan, lewat Hargianto. Berawal dari serangan yang dilancarkan pasukan Garuda muda di kotak penalti Timor Leste, bola kemudian mengarah kepada Hargianto, yang langsung menendang bola dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti, dan Gol. Indonesia sementara unggul 2-0.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan pada menit 72. Diawali serangan dari sektor sayap kanan, bola kemudian dikirim ke dalam kotak penalti. Terjadi kemelut, bola kemudian disepak oleh Evan Dimas dari jarak sangat dekat, sayang arahnya terlalu mengarah kepada kiper Timor Leste yang kemudian mengamankan bola.

Menjelang 10 menit laga berakhir, pertahanan Indonesia sempat dibuat kocar-kacir oleh para pemain Timor Leste yang mulai memperagakan serangan-serangan balik dengan cepat. Salah satu peluang didapatkan pada menit 80, saat salah satu pemain Timor Leste bebas menendang dari dalam kotak penalti. Beruntung, bola masih melambung di atas gawang Indonesia.

Pada menit-menit akhir, pertandingan cenderung berimbang, namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir, tak ada gol lagi yang tercipta, sehingga kedudukan akhir 2-0 untuk Indonesia.


VIETNAM vs LAOS

Vietnam memastikan diri lolos ke Partai Final Piala AFF U-19 2013, usai menang tipis 1-0 atas Laos pada Pertandingan Semi Final. Dalam Pertandingan Semi Final yang digelar di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, gol tunggal kemenangan Vietnam dicetak oleh Nguyen Cong Phuong pada menit ke-75, melalui kerja sama apik dan berhasil menerobos benteng pertahanan Laos.

BABAK PERTAMA

Vietnam yang menggunakan kostum merah-merah tidak mampu bermain maksimal sepanjang babak pertama. Sementara Laos yang menggunakan kostum biru-biru, mampu menguasai pertandingan dengan umpan-umpan pendek yang akurat antar lini. Meski demikian, kedua tim sama-sama memiliki peluang bagus di babak pertama, tapi belum mampu membuahkan gol di babak pertama, hingga skor tetap 0-0.

BABAK KEDUA

Memasuki babak kedua, Laos mulai mengubah pola permainan dengan memasukkan Sisawad Dalavong dan menarik keluar Jo E Sandara. Perubahan pola ini berhasil menciptakan beberapa peluang yang hampir menjadi gol, seperti pada menit 47 dan 63. Namun peluang itu gagal diakhiri dengan manis sehingga sama sekali tidak mengubah skor.

Sementara, Vietnam yang terus mendapat tekanan dari Laos, berhasil mencuri kesempatan di menit 74. Setelah membangun serangan dari sektor tengah, pemain bernomor punggung 10, Nguyen Cong Phuong berhasil membobol gawang Laos dan mengubah skor menjadi 1-0. Usai unggul satu gol, pemain Vietnam mulai percaya diri dan membalik gempuran ke gawang Laos, serta sempat kembali menambah pundi gol pada menit ke 90, namun tendangan pemain nomor punggung 14 itu dianulir wasit karena terjebak offside.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, keunggulan tipis untuk Vietnam tetap bertahan, dan membuat Vietnam melangkah ke babak Final Piala AFF U-19 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Klasemen Akhir dan Hasil Lengkap Pertandingan Piala Afrika 2017 (Africa Cup of Nations/ Coupe d'Afrique des Nations)

Berikut ini Klasemen Akhir dan Hasil Lengkap Pertandingan Babak Grup (Group Stage) dan Babak Gugur (Knockout Stage) Turnamen/ Kejuaraan Pial...