Minggu, 26 Juli 2015

Format Kompetisi Babak Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Zona Oceania (OFC)

Pada Putaran Final Piala Dunia FIFA 2018 (FIFA World Cup) yang akan digelar di Rusia, pada 14 Juni 2018 sampai 15 Juli 2018, Konfederasi Sepakbola Oceania (OFC/ Oceania Football Confederation) mendapatkan slot/ jatah alokasi tempat sebanyak 0,5 Tim (1 Tim dari Zona OFC harus bermain di Babak Playoff Antar Konfederasi, dan jika menang akan lolos ke Putaran Final Piala Dunia FIFA 2018 (FIFA World Cup).

Babak Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Zona Oceania (OFC) atau 2018 FIFA World Cup Qualification (OFC/ Oceania Football Confederation), dijadwalkan digelar mulai 5 Oktober 2015 sampai dengan 10 Oktober 2017, dan diikuti oleh semua Negara/ Asosiasi Sepakbola anggota OFC yang juga anggota FIFA, yaitu sebanyak 11 Tim.

Asosiasi/ Negara Anggota OFC:

1. Fiji
2. New Caledonia
3. New Zealand
4. Papua New Guinea
5. Solomon Islands
6. Tahiti
7. Vanuatu
8. American Samoa
9. Cook Islands
10. Samoa
11. Tonga

Format Kompetisi untuk Babak Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Zona Oceania (OFC) adalah sebagai berikut:

1. Putaran Pertama (First Round):

Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Samoa, dan Tonga akan saling bertemu dengan memainkan Turnamen dengan Format Setengah Kompetisi, yang digelar di satu negara. Tim Pemenang akan lolos ke Putaran Kedua.

2. Putaran Kedua (Second Round), dan juga sekaligus sebagai turnamen (OFC Nations Cup):

Sebanyak 8 Tim (Fiji, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tahiti, Vanuatu, dan Pemenang Putaran Pertama), akan memainkan turnamen yang digelar di satu negara, dengan format setengah kompetisi. Untuk Penyisihan Babak Grup, semuanya akan dibagi menjadi 2 Grup. Dan Sebanyak 6 Tim, yaitu 3 Tim Teratas dari setiap grup, akan lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Zona OFC.

Dan sebagai Turnamen OFC Nations Cup, 2 Tim Teratas dari setiap grup juga akan maju ke Babak Gugur (Semi-finals dan Final) untuk menentukan Juara OFC Nations Cup 2016, yang akan bermain di Piala Konfederasi FIFA 2017, sebagai wakil Zona OFC.

3. Putaran Ketiga (Third Round):

Sebanyak 6 Tim yang lolos dari Putaran Kedua, akan dibagi menjadi 2 Grup dengan 3 tim disetiap grupnya, untuk bermain secara kandang dan tandang (home and away), dan 2 Tim Juara Grup akan saling bertemu dalam 2 pertandingan (home and away), dan Tim Pemenangnya lolos ke Babak Playoff Antar Konfederasi, yang akan digelar pada November 2017, dengan melawan tim dari konfederasi lain untuk mendapatkan tempat di Putaran Final Piala Dunia FIFA 2018.

Berikut ini Hasil Undian/ Drawing Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 (FIFA World Cup) Zona Oceania (OFC) Putaran Pertama (First Round) dan Putaran Kedua (Second Round), yang sudah digelar pada Sabtu, 25 Juli 2015, bertempat di Konstantinovsky Palace in Strelna, Saint Petersburg, Rusia.

Zona Oseania (OFC):

Putaran Pertama (First Round)/ Sistem Grup:

1. Amerika Samoa
2. Kepulauan Cook
3. Samoa
4. Tonga

Putaran Kedua (Second Round)/ OFC Nation Cup 2016:

Grup A:
1. (Pemenang Putaran Pertama)
2. Papua Nugini
3. Kaledonia Baru
4. Tahiti

Grup B:
1. Selandia Baru
2. Vanuatu
3. Fiji
4. Kepulauan Solomon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Klasemen Akhir dan Hasil Lengkap Pertandingan Piala Afrika 2017 (Africa Cup of Nations/ Coupe d'Afrique des Nations)

Berikut ini Klasemen Akhir dan Hasil Lengkap Pertandingan Babak Grup (Group Stage) dan Babak Gugur (Knockout Stage) Turnamen/ Kejuaraan Pial...