Wednesday, 20 June 2012

Format Babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil (2014 FIFA World Cup Qualification)

Putaran Final Piala Dunia 2014 atau 2014 FIFA World Cup akan diselenggarakan di Brasil, selama 32 hari, dari 12 Juni sampai 13 Juli 2014. Semua pertandingan akan dimainkan di 12 Stadion, di 12 Kota berbeda, di Brasil.

Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil, akan diikuti 32 negara peserta, 1 tempat telah dipastikan menjadi milik negara penyelenggara/ tuan rumah Piala Dunia 2014, yaitu Brasil. Sedangkan 31 tempat lainnya, akan diperebutkan melalui Babak Kualifikasi Piala Dunia 2014, atau 2014 FIFA World Cup Qualifying.

Babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, diikuti oleh hampir semua Negara/ Asosiasi anggota FIFA, di 6 Zona/ Konfederasi, yaitu: Zona Eropa (UEFA), Zona Afrika (CAF), Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), Zona Asia (AFC), Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), dan Zona Oceania (OFC).

Setiap Zona/ Konfederasi, mendapatkan jatah tiket yang berbeda, untuk alokasi tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Berikut ini alokasi tempat untuk setiap Zona/ Konfederasi, dan Format Kualifikasi yang digunakan untuk memperebutkan tiket ke Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA EROPA (UEFA)

Zona Eropa (UEFA), mendapatkan jatah 13 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa (UEFA), diikuti oleh 53 Negara/ Asosiasi, semua anggota UEFA. Ada 2 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama (Babak Grup), dan Putaran Kedua (Babak Playoff).

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 53 negara yang dikelompokan menjadi 9 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh. Ada 9 negara yaitu semua Juara Grup, lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

Putaran Kedua diikuti oleh 8 negara, yaitu 8 Peringkat Kedua Terbaik (dari 9 grup yang ada) di Putaran Pertama, akan bermain secara kandang dan tandang (home and away) di Babak Playoff, untuk mendapatkan 4 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA AFRIKA (CAF)

Zona Afrika (CAF), mendapatkan jatah 5 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Afrika (CAF), diikuti oleh 52 Negara/ Asosiasi dari 53 anggota CAF (Mauritania tidak ikut serta). Ada 3 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama, Putaran Kedua (Babak Grup), dan Putaran Ketiga.

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 12 negara dengan Peringkat Terendah di Zona CAF, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away).

Putaran Kedua diikuti oleh 40 negara, berasal dari 6 Pemenang di Putaran Pertama, dan 32 negara yang lolos langsung ke Putaran Kedua, semuanya dikelompokan menjadi 10 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh.

Putaran Ketiga diikuti oleh 10 negara, yaitu semua Juara Grup di Putaran Kedua, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), untuk mendapatkan 5 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA AMERIKA SELATAN (CONMEBOL)

Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), mendapatkan jatah 4 atau 5 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), diikuti oleh 9 Negara/ Asosiasi dari 10 anggota CONMEBOL (Brasil tidak ikut serta, lolos langsung sebagai Tuan Rumah). Ada 2 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama (Babak Grup), dan Putaran Kedua (Babak Playoff Antar Konfederasi).

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 9 negara yang dikelompokan menjadi 1 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh. Ada 4 negara yaitu: Juara Grup, Peringkat Kedua Grup, Peringkat Ketiga Grup, dan Peringkat Keempat Grup, lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

Putaran Kedua diikuti oleh Peringkat Kelima Grup, atau Peringkat Kelima Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), yang akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), di Babak Playoff Antar Konfederasi, melawan Peringkat Kelima Zona Asia (AFC), untuk mendapatkan 1 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA ASIA (AFC)

Zona Asia (AFC), mendapatkan jatah 4 atau 5 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia (AFC), diikuti oleh 43 Negara/ Asosiasi dari 46 anggota AFC (Brunei Darussalam, Bhutan, dan Guam tidak ikut serta). Ada 6 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama, Putaran Kedua, Putaran Ketiga (Babak Grup Pertama), Putaran Keempat (Babak Grup Kedua), Putaran Kelima (Babak Playoff Dalam Konfederasi), dan Putaran Keenam (Babak Playoff Antar Konfederasi).

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 16 negara dengan Peringkat Terendah di Zona AFC, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away).

Putaran Kedua diikuti oleh 30 negara, berasal dari 8 Pemenang di Putaran Pertama, dan 22 negara yang lolos langsung ke Putaran Kedua, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away).

Putaran Ketiga diikuti oleh 20 negara, berasal dari 15 Pemenang di Putaran Kedua, dan 5 negara yang lolos langsung ke Putaran Ketiga. Semuanya dikelompokan menjadi 5 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh.

Putaran Keempat diikuti oleh 10 negara, yaitu para Juara Grup dan Peringkat Kedua Grup di Putaran Ketiga. Semuanya dikelompokan menjadi 2 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh. Ada 4 negara, yaitu yang menjadi Juara dan Peringkat Kedua dari setiap Grup, lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

Putaran Kelima diikuti oleh 2 negara, yaitu yang menjadi Peringkat Ketiga dari setiap grup di Putaran Keempat, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), di Babak Playoff Dalam Konfederasi, untuk menjadi Peringkat Kelima di Zona Asia (AFC).

Putaran Keenam diikuti oleh Pemenang di Putaran Kelima, atau Peringkat Kelima Zona Asia (AFC), yang akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), di Babak Playoff Antar Konfederasi, melawan Peringkat Kelima Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), untuk mendapatkan 1 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA AMERIKA UTARA, TENGAH DAN KARIBIA (CONCACAF)

Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), mendapatkan jatah 3 atau 4 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), diikuti oleh 35 Negara/ Asosiasi, semua anggota CONCACAF yang juga anggota FIFA. Ada 5 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama, Putaran Kedua (Babak Grup Pertama), Putaran Ketiga (Babak Grup Kedua), Putaran Keempat (Babak Grup Hexagonal), dan Putaran Kelima (Babak Playoff Antar Konfederasi).

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 10 negara dengan Peringkat Terendah di Zona CONCACAF, dan akan bermain secara kandang dan tandang (home and away).

Putaran Kedua diikuti oleh 24 negara, berasal dari 5 Pemenang di Putaran Pertama, dan 19 negara yang lolos langsung ke Putaran Kedua. Semuanya dikelompokan menjadi 6 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh.

Putaran Ketiga diikuti oleh 12 negara, berasal dari 6 Juara Grup di Putaran Kedua, dan 6 negara yang lolos langsung ke Putaran Ketiga. Semuanya dikelompokan menjadi 3 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh.

Putaran Keempat diikuti oleh 6 negara, yaitu para Juara Grup dan Peringkat Kedua Grup di Putaran Ketiga. Semuanya dikelompokan menjadi 1 Grup (Hexagonal), dan akan bermain dengan format kompetisi penuh. Ada 3 negara, yaitu Juara Grup, Peringkat Kedua Grup, dan Peringkat Ketiga Grup, lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

Putaran Kelima diikuti oleh Peringkat Keempat Grup di Putaran Keempat, atau Peringkat Keempat Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), di Babak Playoff Antar Konfederasi, melawan Juara Zona Oceania (OFC), untuk mendapatkan 1 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

ZONA OCEANIA (OFC)

Zona Oceania (OFC), mendapatkan jatah 0 atau 1 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil. Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Oceania (OFC), diikuti oleh 11 Negara/ Asosiasi, semua anggota OFC yang juga anggota FIFA. Ada 4 Putaran Kualifikasi yang dimainkan, yaitu Putaran Pertama, Putaran Kedua (Babak Grup Pertama), Putaran Ketiga (Babak Grup Kedua), Putaran Keempat (Babak Playoff Antar Konfederasi).

Format Kualifikasi yang digunakan adalah:

Putaran Pertama diikuti oleh 4 negara dengan Peringkat Terendah di Zona OFC, semuanya dikelompokan menjadi 1 Grup, dan akan bermain dengan format setengah kompetisi.

Putaran Kedua diikuti oleh 8 negara, berasal dari Juara Grup di Putaran Pertama, dan 7 negara lainnya yang lolos langsung ke Putaran Kedua. Semuanya dikelompokan menjadi 2 Grup, dan akan bermain dengan format setengah kompetisi.

Putaran Ketiga diikuti oleh 4 negara, yaitu para Juara Grup dan Peringkat Kedua Grup di Putaran Kedua. Semuanya dikelompokan menjadi 1 Grup, dan akan bermain dengan format kompetisi penuh.

Putaran Keempat diikuti oleh Juara Grup di Putaran Ketiga, atau Juara Zona Oceania (OFC), akan bermain secara kandang dan tandang (home and away), di Babak Playoff Antar Konfederasi, melawan Peringkat Keempat Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), untuk mendapatkan 1 tempat di Putaran Final Piala Dunia 2014 Brasil.

No comments:

Post a Comment